Di Balik Kesuksesan Pioneer Surgical, Start-Up Kesehatan Asal India

Pioneer Surgicals mungkin satu dari sedikit start-up yang memiliki nama yang sesuai dengan apa yang disiratkannya. Kata pionir yang ada dan diusung di merk mereka sungguh tercurah dalam semangat perusahaan ini. Alasan ini lah mengapa Pioneer Surgicals adalah suatu nama yang diperhitungkan dalam segmen manufaktur kesehatan di India.

Prafullakumar Nemane adalah sosok di balik semua ini. Ia lah seorang pionir sesungguhnya karena telah menciptakan kewirausahaan semacam Pioneer Surgicals dengan segala kerja keras dan kecakapannya yang tak kenal lelah. Mempunyai gelar insinyur di bidang teknologi informasi, tentu ia memiliki pilihan karier menguntungkan yang beragam. Namun ia tidak memilih jalan itu. Ia memutuskan untuk melawan cara biasa dan memulai dengan caranya sendiri. Mempunyai keluarga dengan latar belakang medis, ia kemudian mengikuti mimpinya untuk memulai bisnis di bidang tersebut. Ayahnya yang sebelumnya ragu dan tak mendukung keputusannya, kemudian akhirnya setuju dan memberikan sejumlah modal.

PS

Berdiri sejak 2011, Pioneer Surgical digadang menjadi perusahaan yang memproduksi, menjual, serta mengekspor beberapa instrumen yang berkaitan dengan bedah seperti peralatan gym, kursi roda, tabung oksigen, kasur air, bed fowler, walker dengan roda, dan peralatan medis lainnya. Prafakullar kemudian,seperti nama yang tersirat,menjadikan perusahaannya sebagai pionir, dengan tetap memerhatikan tantangan yang ia hadapi. Sebagai start-up, tantangan pertamanya ialah kurangnya tenaga kerja. Walau begitu, dengan kerja kerasnya sepanjang waktu dan penuh dedikasi, ia dapat mencapai impiannya. Pengorbanannya tidak sia-sia. Perusahaan ini mulai tumbuh ke arah yang diinginkan.

Visi yang membantu Prafakullar mencapai semua hal ini adalah kepuasan pelanggan serta produk-produk berkualitas. Karenanya mereka memproduksi produk di atas rata-rata di pasar namun dengan servis after-sale yang mumpuni. Produk yang mereka keluarkan pun mendapat pengakuan karena kualitasnya yang merupakan salah satu yang terbaik. Tekad mereka ialah selalu menyediakan produk-produk berkualitas, sehingga tantangan yang dihadapi pun minim.

Namun perkembangan yang pesat dari E-commerce sempat membuat Pioneer Surgicals mengalami kemunduran dalam penjualan dan keuntungan. Prafullakumar tak menyerah. Ia kemudian mengubah dan memperluas pandangannya dengan memulai beriklan dengan skala besar dalam pemasaran online. Mereka meneliti, mencoba ide-ide baru yang menarik minat pelanggan, dan berimprovisasi sesuai kebutuhan pasar dan pelanggan, dengan tetap menjaga kualitas. Alhasil,kini perusahaan mereka memiliki enam outlet di seluruh Maharashtra. Mereka juga memisahkan sektor manufaktur dan ritel dengan membuka dua sister companies. Sampai sekarang Pioneer Surgicals memiliki staf terampil yang terdiri dari 25 orang.

“Omzet perusahaan lebih dari 5 crores (10 M rupiah) tahun lalu dan saya juga mengembalikan modal yang saya pinjam dari ayah dalam kurun waktu tiga tahun.” tambah Prafullakumar. Ia juga memberikan tips untuk terus menjelajahi pilihan kita, tak takut dengan tantangan, membangun jaringan yang baik dan terus introspeksi. Melalui perusahaannya kita dapat mengambil dimensi lain dari peribahasa terkenal “Sehat itu mahal”. (ABM)

Write a comment